Pengikut

My Banner

Sabtu, 03 Oktober 2015

kemerdekaan indonesia

Perjuangan kemerdekaan Indonesia
Pada kali ini kita akan membahas perjuangan bangsa Indonesia saat di jajah oleh
Negara Belanda, dan Negara Jepang pada masa lalu.
        Perjuangan pada masa belanda
Secara historis negara kita pernah dikuasai oleh beberapa negara yang berasal dari bangsa eropa. Pertama negara kita didatangi oleh bangsa portugis di tahun 1512, an berhasil menguasai maluku. Kemudian disusu Belanda pada tahun 1595 yang berhasil mendarat di pelabuhan Banten, hingga sejak itu bangasa Indonesia beradah dibawah kekuasan pemerintah kolonial belanda sampai tahun 1942. negara Inggris juga pernah menguasai Indonesia pada masa Thomas Stamford Raffles (1811-1816). Adapun negara yg terakhir menjajajah Indonesia adalah Jepang yang menguasai Indonesia pada tahun 1942-1945.
Selama hidup dibawah kekuasaan pemerintah kolonial, kehidupan rakyat indonesia yang berkaitan dengan sandang, pangan, dan kesehatan sangat memprihatinkan. Mereka harus melakukan pekerjaan-pekerjaan wajib yg dibebankan tanpa mendapatkan imbalan yg setimpal.
Pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Penderitaan yang dialami rakyat Indonesia sangat besar. Rakyat Indonesia dipaksa melakukan kerja paksa untuk membangun jalan, jembatan, atau keperluan lainnya yg dibutuhkan oleh penjajah. Rodi adlah kerja yang wajib dilakukan oleh rakyat Indonesia tanpa mendapat imbalan berupa gaji atau upah. Salah satu nya adalah membangun jalan dari Anyer –Panarukan . Jalan ini dikenal dengan jalan Daeandels karna dibangun pada masa pemerintahan Gubenur  Jendral  Herman Willem Daeandels.
Kebijakan lain yang memengaruhi kehidupan rakyat ketika pemerintah kolonial Belanda mengeluarkan peraturan cultuur stelsel. Melalui program ini , rakyat diwajibkan menanami tanah pertanian miliknya dengan tanaman komoditas yg hasilnya diserahkan kepada pemerintah kolonial.

Perjuangan pada masa Jepang
Pada tanggal 7 desember 1941, meletus perang pasifik dengan dibomnya pearl harbour oleh Jepang. Dalam waktu singkat jepang dapat menduduki daerah jajahan sekutu di pasifik. Pada tanggal 8 maret 1942, jepang masuk ke indonesia. Peristiwa penyerahan indonesia dari Belanda ke jepang terjadi  di kalijati, jawa Barat tanggal 8 maret 1942. sejak itu jepang menjajah Indonesia dengan propagandanya untuk membebaskan indonesia dari cengkraman belanda. Jepang pun mengizinkan Pengibaran bendera merah putih serta menyanyikan lagu indonesia raya.
Akan tetapi,pada kenyataannya penjajahan Jepang tidak berbedah jauh darih penjajahn belanda. Bahkan, pada masa pendudukan jepang bangsa indonesia mengalami penderitaan dan penindasan yang lebih menyakitkan.
Pada saat Perang Pasifik raya dan dibombardirnya hiroshima dan nagasaki menunjukkan tanda-tanda akan berakhirnya masa kekuasaan jepang di berbagai wilayah, jepang berusaha meraih simpati rakyat indonesia dengan mengumumkan janji kemerdekaan tanpa syarat apabila perang telah selesai. Dan bangsa indonesia diperkenankan memperjuangkan kemerdekaannya bahkan menganjurkan agar berani mendirikan negara Indonesia merdeka di hadapan jepang.

1 komentar:

merdeka.....merdeka........merdeka atau mati

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Visitor

Translate

My Blog List

Cari Blog Ini

Popular Posts

Site Info

Profil Anda

Nama : Rizqi Mulya Pradipta sekolah: smp AL-Fatah Hobi: baca manga, nge-blog, dan mempelajari dunia komputer

My Facebook

https://www.facebook.com/kakashi.pradipta
 
Copyright© 2011 Rizmuta blog | Template Blogger Designer by : Alan' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Open new Daily